Chromebook vs laptop – apa bedanya dan mana yang lebih baik?

Chromebook vs laptop – apa bedanya dan mana yang lebih baik?

Pertempuran antara Chromebook vs laptop berkecamuk. Dan siapa pun yang ingin membeli komputer baru perlu memikirkan dengan cermat mana yang tepat untuk mereka sebelum mengambil risiko. Chromebook dan laptop Windows mungkin terlihat serupa, tetapi ada alasan mengapa Anda memilih salah satunya dan sebaliknya. 

Chromebook bisa menjadi pilihan portabel yang sangat baik untuk tugas sehari-hari dan penggunaan kantor umum dan sering dianggap lebih murah, lebih cepat, dan lebih aman daripada laptop, misalnya. Sementara itu, laptop Windows terbaru lebih bertenaga dan dirancang untuk menjalankan sejumlah perangkat lunak untuk pekerjaan kantor dan bermain. Di sini kami menyoroti beberapa poin yang perlu dipertimbangkan saat memilih antara Chromebook dan laptop, dengan saran ahli sehingga Anda dapat memutuskan dengan percaya diri. 

Chromebook vs laptop – apa bedanya dan mana yang lebih baik?

CHROMEBOOK VS LAPTOP – APA BEDANYA DAN MANA YANG LEBIH BAIK?

1. CHROMEBOOK DAN LAPTOP WINDOWS MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI YANG BERBEDA

Meskipun Chromebook dapat memiliki desain yang mirip dengan laptop Windows, mereka menggunakan sistem operasi yang berbeda. Chromebook menjalankan Chrome OS dan dinamai menurut nama browser Google Chrome. Chromebook adalah gerbang luar biasa ke Internet dan dilengkapi dengan aplikasi pra-instal seperti Gmail, Documents, dan YouTube. Tetapi karena pengalamannya berbasis web dan mereka memiliki jumlah penyimpanan lokal yang terbatas, mereka tidak akan berfungsi seperti laptop biasa Anda. 

'Anda harus terhubung ke Internet untuk mendapatkan yang terbaik dari Chromebook,' kata Tim Danton, penulis The Computers That Made Britain(terbuka di tab baru). Mode 'offline' di aplikasi Google memungkinkan Anda untuk terus mengakses dokumen, email, atau mendengarkan musik jika Wi-Fi Anda mati, tetapi Anda tidak akan mendapatkan pengalaman 'langsung' sepenuhnya. 

'Sementara itu, laptop Windows memiliki sistem operasi mereka sendiri yang menjalankan versi terbaru Windows 10 atau 11 dan hadir dengan banyak kelebihan, seperti perangkat lunak yang kompatibel, kemudahan penggunaan, dan banyak memori. Namun, Anda tidak akan dapat menjalankan semua program Windows tradisional di Chromebook, yang mungkin akan Anda batasi jika Anda terbiasa menggunakan laptop Windows.' 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan laptop Windows di fitur kami PC vs laptop – mana yang lebih baik? 

2. KECEPATAN ADALAH ESENSI 

Jika Anda terbiasa menggunakan laptop Windows, mungkin perlu beberapa saat untuk menyesuaikan diri dengan cara baru bekerja di Chromebook. Yang tidak akan memakan waktu lama adalah seberapa cepat Anda benar-benar dapat masuk ke Chromebook, yang melakukan booting dalam hitungan detik dan dapat terasa jauh lebih ringkas daripada perangkat Windows. Chromebook juga cenderung memiliki daya tahan baterai yang lebih baik (hingga rata-rata sekitar 14 jam), dibandingkan dengan laptop standar Anda. 

'Chrome OS cepat karena tidak berantakan oleh banyak proses latar belakang,' kata Pete Braithwaite dari  Kit Online(terbuka di tab baru). '"Tombol Semua" Chromebook menggantikan tombol Windows dan memungkinkan Anda menemukan semua yang Anda butuhkan dengan cepat, baik itu file, aplikasi, atau jawaban.'

3. LAPTOP WINDOWS SANGAT KUAT

Perangkat lunak yang tersedia untuk laptop Windows kemungkinan lebih kuat daripada Chromebook yang ringan. Ini karena tidak seperti Windows, ia tidak memerlukan prosesor yang kuat atau memori yang besar. 'Chromebook – seperti namanya – dirancang untuk menjalankan Google Chrome, browser web, daripada mengunduh perangkat lunak,' kata Tim Danton. 'Sekarang Anda dapat menjalankan aplikasi Android di Chromebook baru, tetapi perangkat lunak itu umumnya akan jauh lebih disederhanakan dibandingkan dengan yang Anda dapatkan di Windows.'

4. CHROMEBOOK BISA LEBIH MUDAH DIAMANKAN

Dengan perlindungan virus bawaan, keamanan tidak menjadi masalah saat menggunakan Chromebook, dibandingkan dengan laptop Windows. 'Chrome OS menawarkan sistem operasi yang stabil, sederhana, dan ringan dengan semua aplikasi diinstal melalui Google Play Store,' kata Pete Braithwaite. 'Anda dapat terus mengedit dokumen Anda di perangkat lain karena disimpan di awan dan jika hal terburuk terjadi pada perangkat Anda, data Anda tidak akan dikompromikan.'

'Chromebook juga memiliki perlindungan virus bawaan dan dukungan aman untuk banyak pengguna. Ini berarti tidak terlalu rentan terhadap virus untuk menjaga keamanan data Anda dan memberi Anda ketenangan pikiran. 'Sandboxing' membuat perangkat lunak yang berbeda di Chromebook tetap terpisah sehingga meskipun satu bagian terinfeksi, bagian lainnya dirancang untuk tetap aman. 

'Chip keamanan bawaan akan mengenkripsi data sensitif, sementara 'Boot Terverifikasi' akan memeriksa keamanan dan mencegah malware saat Chromebook dimulai.' 

Namun, ini tidak berarti Anda akan sepenuhnya terlindungi. Anda tetap harus waspada terhadap email phishing, situs web mencurigakan, dan pelacakan cookie. 

5. CHROMEBOOK DAPAT MEMPERBARUI DIRINYA SENDIRI 

Mampu memperbarui sendiri adalah manfaat besar dari Chromebook di atas laptop. 'Chromebook pada dasarnya selalu memperbarui diri dan bekerja dengan mulus, sedangkan laptop Windows akan lebih sering mengomel dan mengeluh – dan terkadang merusak hari Anda dengan memperbarui dirinya sendiri saat Anda tidak menginginkannya!' kata Tim Danton. 'Terlebih lagi, banyak Chromebook kini hadir dengan pembaruan yang dijamin.' 

Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa Windows akan terus memberikan pembaruan yang berguna dan mungkin gratis selama Anda menggunakan komputer Anda, yang berarti ia memiliki umur simpan yang baik. Chromebook, bagaimanapun, dilengkapi dengan tanggal AUE (Kedaluwarsa Pembaruan Otomatis) yang berlangsung kira-kira sekitar 6 tahun. Setelah tanggal tersebut habis, Chromebook tidak akan seaman saat Anda pertama kali membelinya. 

6. PERTIMBANGKAN ANGGARAN ANDA

Chromebook bisa lebih murah untuk dibeli daripada laptop. Chromebook tidak memerlukan prosesor yang kuat seperti laptop Windows atau banyak memori RAM, yang menurunkan harganya secara signifikan. Lihat online dan Anda akan melihat bahwa Anda akan mendapatkan lebih banyak uang jika membeli Chromebook, dibandingkan dengan laptop Windows. Meskipun demikian, harga Chromebook meningkat setiap hari karena tidak lagi dianggap hanya sebagai komputer tingkat pemula.

'Pound for pound, Chromebook akan terasa lebih cepat dan lebih licin daripada laptop Windows yang setara, dan Anda dapat membeli Chromebook baru dengan sepertiga harga MacBook termurah,' kata Tim Danton. 'Namun, Anda tidak akan memiliki kekuatan atau jangkauan aplikasi yang Anda miliki dengan laptop Windows.'  

HARUSKAH SAYA MEMILIH CHROMEBOOK ATAU LAPTOP WINDOWS? 

Mungkin ada lebih banyak pilihan dalam hal laptop berbasis Windows dibandingkan dengan yang menjalankan Chrome OS. Yang mengatakan, ada beberapa opsi Chromebook yang mengesankan yang tersedia. 

'Sekarang juga menargetkan pelanggan B2B dengan Chrome Enterprise, Chrome OS telah matang dan ada perangkat yang sesuai dengan semua anggaran dalam semua faktor bentuk,' jelas Pete Braithwaite. 'Beberapa Chromebook terbaru menampilkan prosesor lntel® Core™ i7, WiFi 6, sensor sidik jari, dan layar sentuh UHD hingga 4K.

'Untuk pengguna standar yang membutuhkan kemampuan penjelajahan dan dokumen kantor, Chromebook adalah opsi hebat dan hemat biaya. Bagi mereka yang menempuh pendidikan dan untuk orang yang bekerja di perjalanan atau siapa saja dengan perjalanan panjang, Chromebook(terbuka di tab baru)harus diberikan pertimbangan yang serius. 

Lebih baru Lebih lama